Sabtu, 31 Januari 2009

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMP NEGERI 15 BOGOR

Tanah lapang seluas 1 ha lebih itu semula merupakan kebun karet. Sama seperti lahan di kanan kirinya. Wilayah Kedunghalang memang terkenal dengan daerah penghasil karet hingga wilayah Cijayanti, Cikeas. Tanaman pohon karet masih bisa dijumpai sekitar tahun '90-an sebelum munculnya perumahan yang tak menyisakan sedikitpun tanaman tersebut. Begitu pula tempat pengolahan karet yang terletak di Dharmais. Kemudian seorang tuan tanah keturunan Tionghoa yang makamnya masih bisa di lihat di dekat kantor pos di jl.Pomad Ci parigi, menghibahkan sebagian tanahnya untuk digunakan sebagai gedung sekolah dengan nama SMP negeri 4 filial Kedunghalang Bogor yg pada perkembangan selanjutnya berganti nama menjadi SMPN 1 Kedunghalang kabupaten Bogor. Bangunan gedungnya hanya empat kelas yg sangat sederhana karena terbuat dari bilik bambu. Mengingat bahwa kondisi pada tahun itu yakni 1968 memang memprihatinkan. Namun berkat kegigihan alm. Bp. Maman Suparman, alm. Bp. RM. Umar dan lainnya maka SMPN 4 filial kedung halang mengalami perubahan yang sangat berarti. Saking luasnya menyebabkan masyarakat sekitar sekolah sering menggunakannya sebagai tempat berbagai macam ajang kegiatan seperti misalnya pemutaran film layar tancap atau bermain sepak bola. Karena hanya ada satu sekolah negeri di tempat itu maka oleh pak umar diambil inisiatif untuk mendirikan sekolah baru dengan nama SMP SEJAHTERA 1 yang satu atap dengan SMPN 1 Kedunghalang. Hal ini dimaksudkan untuk menampung keinginan belajar masyarakat yang tidak tertampung di sekolah negeri. Selang beberapa lama kemudian SMP SEJAHTERA 1 memiliki tambahan gedung sendiri yang berlokasi di jl. Dharmais maka untuk seterusnya SMP Sejahtera tak lagi menyatu dengan SMPN1 Kedunghalang Bogor. Tampuk kepemimpinan pun berganti. Pak Maman Suparman digantikan oleh kepala sekolah baru ibu Hj. Margeni. Secara estafet berlanjut ke
Bp.E.Sukarja,B.A
Bp. Enoch Suryadi,B.A
Bp. Anda Ratna,B.A
Ibu Hj. Dra.Maryati,
Bp.Drs.Endang Kusnadi,
ibu Hj. Dra.Arni Suhaerani, M.Pd, Bp. Akhmad Mukhyi
dan sekarang(2008-.....) Bp. Drs. Kuswa Wasja.

Dra.Hj. Arni Suhaerani, M.Mpd.

Angin segar mulai berhembus saat pucuk pimpinan dipegang oleh bu Arni. Suara -suara pembaruannya tak sekedar lagu cengeng dan usang melainkan irama lagu masa depan yang mampu menyulut semangat. Baik terhadap siswa maupun stafnya.. Bangkit... bangkit., terus bangkit... ayo bangkit.. Itu syairnya, tak ada lagi lainnya. Belajar itu menyenangkan. Maka cara belajar 'jadul' harus diperbaiki atau dihilangkan. Pendek kata, bu Arni adalah sosok reformis, pembaharu "software"- nya SMPN 15 Bogor. Visi dan misinya cuma empat huruf:R,A,T,U. Akronim dari Religius, Aman, Tertib,Unggul dalam prestasi.

Akhmad Mukhyi

Nah ini dia sosok yang kita cari. Beliau ibarat mesin bolduzer atau penyapu ranjau. laju jalannya tak bisa dihentikan, deru suaranya menggelegar. Menurut pak Sofyan pegawai Tata Usaha:setiap pagi selalu menyanyi Indonesia Raya. Entah apa maksudnya. Suka atau tidak suka Akhmad Mukhyi adalah sosok pembaharu. Mungkin seperti sosok Sukrosono, adik Soemantri dalam kisah pewayangan. Atau pula Sangkuriang. Maksudnya beliau mampu merubah wajah SMPN 15 BOGOR dalam waktu relatif singkat.

Prestasi SMPN 15 BOGOR

Berkat jerih payah ibu Hesti dan bu Lies Ismori yang tak pernah lelah , mereka berdua telah mengharumkan nama SMPN 15 BOGOR melalui prestasi anak anak yang tergabung dalam kelompok pencak silatnya "AYU PUSAKA". Piala piala penghargaan senantiasa hadir ke sekolah setiap kali usai berlaga.

1 komentar:

  1. Belajar bikin blog ya....! Nanti Klo SMPN 15 Bogor sudah 'kenceng' duitnya buat Website ya, ga usah pake program² yang ngjelimet bagi yang awam, pake yang instant aja, skin-nya juga bagus² koq, tinggal pilih. Oh ya, kalo udah jadi website hostingnya milik orang pribumi aja, jangan pake yang luar, gitu aja dh .....
    Kenal khan siapa yang ngomentarin.....!

    BalasHapus